Minggu, 30 Desember 2012

ALAM PERLU DIOLAH DENGAN TANGAN TERAMPIL





Perkembangan daerah pariwisata di Bali begitu pesat. Tujuan utama wisatawan datang ke Bali adalah menikmati pemandangan alam yang terbentang di sepanjang pulau Bali ini. Selain itu, beberapa wisatawan datang karena tertarik dengan berbagai kesenian yang ad di Bali. Salah satunya adalah kerajinan tangan. Bali memiliki berbagai  seni kerajinan tangan hingga terkenal ke negara – negara terkenal di dunia. Hal tersebut menginspirasi beberapa kesenian dari luar pulau Bali untuk datang menawarkan hasil kerajinannya di pulau Dewata.
Suryono, laki-laki berumur 41 tahun jauh-jauh datang dari Gersik untuk menawarkan berbagai hasil kerajinan tangannya. Ia mengaku sudah kurang lebih dua tahun menetap di Bali untuk mengembangkan usahanya sebagai penjual kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan alam. Berbagai pernak-pernik hiasan kamar dapat anda jumpai di toko milik Suryono. Tepatnya di Jalan Ahmad yani,  sebelah barat jembatan Banyuasri. Tempatnya tidak begitu luas tetapi pengunjung yang datang cukup ramai. Kenyamanan berbelanja pun dapat anda nikmati dari keramahan laki-laki yang kerap dipanggil Yono.
Perpaduan antara bambu, rotan, dan eceng gondok menghasilkan berbagai jenis kerajinan. Menurut yono, yang paling kerap di cari oleh konsumen adalah kerpe yaitu rajutan dari bambu yang bisa dipakai sebagai peneduh teras rumah. Kerajinan seni yang lainnya adalah sofa, meja, dan kursi yang terbuat dari rotan dan bambu serta hiasan dari eceng gondok. Semuanya dikerjakan oleh tangan-tangan terampil anak buah dari pak Yono. “ Jika yang sudah terampil, untuk mengerjakan satu kursi berukuran biasa, dikerjakan dalam waktu sehari, tapi jika yang baru belajar bisa mencapai 2-3 hari” ungkap laki-laki berbadan tegap berambut ikal.
Harga yang ditawarkan sangat berpariasi. Lampu kamar yang berukuram minim seharga Rp 55.000 sedangkan yang berukuran besar mencapai Rp. 95.000. Bentuknya pun berbagai ragam jenis, anda juga dapat memesan sesuai keinginan. Pesanan bisa selesai paling lama satu minggu. Jika anda ingin menghiasi kamar dengan segala pernak-pernik alam, tidak usah bingung. Pak Yono menjual berbagai barang yang anda inginkan untuk menghiasi segala sudut kamar anda. Sofa yang berukuran sedang, dijual dengan harga Rp. 900.000 lengkap dengan spons dan berhiaskan rajutan eceng gondok. Jika anda ingin yang lebih murah, anda dapat memilih sofa yang berbahan dasar rotan. Selama ini mungkin baju- baju kotor anda bergelantungan dan mengurangi keindahan kamar anda, sepertinya tempat baju kotor yang ditawarkan oleh pak Yono cocok untuk menambah keindahan kamar anda. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang cukup hanya Rp. 75.000 tempat baju yang unik bisa anda dapatkan. “ Harga akan kami sesuaikan jika pembeli membawa desain sendiri. Kami akan tentukan sesuai ukuran yang diminta” ungkap bapak dari 2 orang anak.
Tempat pemasaran barang-barang kerajinan milik Pak Yono hanya sekitar daerah Singaraja. Walaupun demikian Pak Yono mampu menampung hasil kerajinan yang dihasilkan oleh anak buahnya. Terkadang ia juga mengambil barang dari luar untuk menambah variasi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar