Senin, 03 Desember 2012

wisata alam Bukit Mucung



WISATA ALAM BUKIT MUCUNG
Wisata alam Bukit mucung terletak di Desa Pikat, kecamatan dawan, kabupaten klungkung.  Tempat wisata ini berbatasan langsung dengan desa kunyit, kabupaten karaasem. Lokasi wisata Bukit Mucung terletak pada ketinggian 750 dpl. Untuk mencapai lokasi perbukitan ini terlebih harus menempuh jarak 45 km dari kota Semarapura atau hanya berjarak 20 km dari desa kunyit, karangasem. Wisata alam Bukit Mucung dibangun atas inisiatif masyarakat di sekitar perbukitan yang berkeinginan agar potensi yang dimiliki Bukit Mucung tetap lestari dan menghindari kekeringan yang melanda di sekitar wilayah tersebut. Pengembangan wisata alam ini tidak lepas dari proses panjang upaya masyarakat sekitar dalam memulihkan keadaan hutan yang sempat diincar oleh investor.
Pembangunan wisata alam Bukit Mucung dilakukan sebagai salah satu bentuk pemanfaatan potensi yang dimiliki sekitar perbukitan. Lokasi perbukitan memanjang dari batas selatan desa Pikat hingga batas Utara desa Pikat yang membuat berbagai jenis tumbuhan hidup sepanjang lokasi ini. Bunga bangkai sempat juga tumbuh di lokasi perbukitan Bukit Mucung tetapi karena suhu kurang mendukung membuat bunga ini hanya bertahan 1 bulan. Salah satu fauna yang menarik untuk di kunjungi di lokasi ini adalah monyet yang memiliki populasi cukup banyak. Populasi monyet pada lokasi Bukit Mucung tersebar dari selatan hingga utara perbukitan. Kurangnya makanan membuat monyet-monyet ini turun ke jalan raya dan memakan hasil pertanian warga setempat. Keindahan lokasi wisata Bukit Mucng di tambah dengan Tebing-tebing yang begitu indah sepanjang jalan dari sisi selatan perbukitan.
Daya tarik kawasan wisata alam ini adalah bentang alamnya yang asri yang merupakan harmonisasi antara hijaunya hutan dengan hamparan berbukit yang sangat luas dengan pemandangan alamnya yang sangat indah dan mempesona.
Keelokan alam ini semakin menarik ketika terpadukan dengan suasana masyarakat Desa yang ramah, santun, yang masih kental dengan rasa kekeluargaan dan kegotongroyongan, yang masih mempertahankan beraneka ragam seni budaya tradisional, sehingga mampu menimbulkan rasa tenang dan nyaman siapa saja yang berkunjung di kawasan wisata alam ini.
Berbagai aktivitas dapat dilakukan sepanjang lokasi perbukitan Bukit Mucung. Aktivitas yang paling sering dilakukan oleh pengujung di lokasi ini adalah perkemahan di puncak Bukit Mucung. Keindahan yang ditawarkan dari pagi hari hingga malam hari dari puncak Bukit Mucung membuat kawasan ini banyak di kunjungi. Laut yang terbenang dari tenggara hingga selatan sangat indah untuk dinikmati ditempat ini. Jika berkunjung ke tempat ini perlu menyiapkan berbagai perlatan untuk mengabadikan keindahan alam Bukit Mucung.



2 komentar:

  1. Terima kasih atas tulisan ini. Saya ingin datang ke bukit itu suatu hari nanti.

    BalasHapus