Rabu, 19 Desember 2012

KAWASAN WISATA PANTAI INDAH

 KAWASAN WISATA PANTAI INDAH

Hamparan sawah yang luas dan berbatasan langsung dengan pantai serta sejuknya udara ketika di sore hari dapat kita jumpai di kawasan Pantai Indah. Bentangan pantai dari timur hingga ke barat yang sangat indah dan ombak yang tenang membuat kawasan ini ramai dikunjungi. Kawasan pantai Indah dapat di temukan melalui dua jalur yaitu  melalui Jln. Pantai Indah, Baktiseraga dan melalui Jln. Pantai Penimbangan. Kawasan pantai indah berbatasan langsung dengan  pantai Penimbangan yang terkenal sebagai tempat nongkrong anak muda singaraja.

Ombak yang tenang dan bersih menjadi alasan utama pengunjung untuk mendatangi kawasan pantai Indah. Pada hari-hari libur, pantai Indah sangat ramai dengan pengunjung. Pengunjung yang datang tidak hanya dari daerah setempat. Namun, tak jarang hingga dari daerah luar Singaraja. Pengunjung yang datang tak mau melewatkan kesempatan untuk mandi sambil melakukan aktivitas olahraga air karena disekitar areal pantai terdapat tempat untuk menyewa segala peralatan olahraga air, seperti Kano.

Pantai Indah sering juga digunakan sebagai tempat praktek kuliah outbon oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Undiksha. Berbagai modifikasi olahraga dapat mereka lakukan di sepanjang kawasan Pantai Indah. Hal ini tentu membawa keuntungan bagi sejumlah pedagang yang berjualan di tempat ini. Salah satu pedagang mengatakan “sejak semakin dikenalnya kawasan pantai Indah oleh berbagai kalangan masyarakat, kawasan ini menjadi lebih ramai dan memberikan sedikit rezeki bagi kami untuk menjual makanan walaupun tetap keuntungan yang kami dapatkan tidak begitu besar” ungkap salah seorang penjual tipat tahu. 

 

 

Berbeda halnya jika datangnya musim hujan. Ombak di pantai ini sangat besar dan ganas. Sehingga pengunjung tak ada yang berani untuk datang. Kiriman sampah yang datang membuat kawasan pantai Indah menjadi kotor. Para dagang pun tak ada yang datang untuk berjualan. Akhirnya kawasan ini seperti tertutup dari berbagai aktivitas karena tidak ada pengunjung yang datang. Warga yang berada di sekitar kawasan pantai Indah berkewajiban untuk turun langsung membersihkan kawasan ini ketika keadaan ombak sudah mulai tenang.  Pak Agung yang merupakan salah satu ketua RT Pantai Indah mengatakan “Kami warga pantai Indah kelurahan Baktiseraga memiliki kewajiban untuk selalu menjaga kebersihan Pantai, sehingga setiap RT bergiliran membersihkan areal pantai setiap minggunya”.

 


1 komentar:

  1. tulias xm sudah bagus vi, sedikit kalimat-kalimat yang janggal didengar. misalnya pada kalimat yang pertama pada kalmat (dan berbatasan langsung dengan pantai). jika disempurnakan pasti menjadi lebih baik.

    BalasHapus